Sabtu, 09 Maret 2013

MUSIK ASLI INDONESIA


kasidahMusik kasidah Setelah lama tidak muncul akhirnya saat ini saya bisa kembali menyapa anda semuanya, dan kali ini sesuai dengan suasana ramadan saya akan sedikit mengulas tentang musik kasidah. Saya menampilkan kasidah karena musik ini pernah sangat populer di indonesia waktu saya masih kecil dahulu dan bahkan musik kasidah juga sangat populer di malaysia dan brunei. Jadi selain bernostalgia dengan masa kecil saya, disini juga saya ingin mengajak anda semua mengenal salahsatu musik asli indonesia selain dangdut.

Kasidah adalah sebuah bentuk syair apik kesusastraan Arab yang dinyanyikan. Kasidah adalah seni suara yang bernapaskan Islam, dimana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam. Biasanya lagu-lagu itu dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan yang hampir menyerupai irama-irama Timur Tengah dengan diiringi rebana. Uraian di atas seperti yang tercantum dalam wikipedia.

Pada awalnya lagu-lagu dalam musik kasidah hanya berupa syair bahasa arab yang kemudia dilagukan, tetapi sesuai perkembangan zaman lagu kasidah modern liriknya juga dibuat dalam bahasa Indonesia. Grup kasidah modern membawa seorang penyanyi utama yang menjadi bintang dan dibantu oleh paduan suara wanita. Sesuai dengan perkembangannya alat musik yang dimainkanpun menjadi bertambah, selain rebana dan mandolin, kasidah modern juga menggunakan alat-alat modern seperti biola, gitar listrik, keyboard dan flute.

Salahsatu perintis kasidah modern adalah Nasida Ria yang berasal dari Semarang jawa tengah. Grup ini beranggotakan semuanya perempuan dan bisa dibilang semua anggotanya multitalenta karena hampir semuanya bisa menyanyi selain bermain alat musik. Salahsatu lagu yang paling populer dari nasidaria adalah lagu perdamaian yang sempat banyak di nyanyikan ulang oleh para penyanyi di luar kasidah, salahsatu yang paling di kenal adalah lagu perdamaian yang dibawakan apik oleh band GIGI.

Namun kini seiring berjalannya waktu, dengan makin banyaknya genre musik populer, pamor musik kasidah kian meredup. Hanya ada sedikit sekali grup kasidah yang ada saat ini dan dari yang sedikit ini ada grup el hawa yang juga berasal dari semarang sama dengan pendahulunya, nasidaria. Untuk itu pada momen ramadan ini semoga musik kasidah dapat kembali pamornya dan dapat meramaikan belantika musik indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar